Sejarah DhammaCakraTra

Di awali dengan kedatangan Bhante Sombat  dari North Carolina.

Terjadilah pertemuan beberapa keluarga di Airport dalam rangka penjemputan Bhante dari Los Angeles Airport  menuju   Vihara Buddhanimit.

Pada saat di Buddhanimit itulah dimulainya pembicaraan untuk mengadakan kebaktian bersama sesama umat Buddha Indonesia di Amerika,khususnya di Kota Los Angeles

Atas nasihat dan rekomendasi YM. Bhante Sombat ( Selaku Sekjen Sangha Theravada seluruh Amerika saat itu ) kami mendapatkan izin tempat untuk  mengadakan kebaktian bersama di Vihara  Buddhanimit, Pasadena, California.

Kebaktian perdana dilakukan pada tanggal 30 Desember 2000, diawali dengan sejumlah kecil umat yang terdiri dari beberapa keluarga. Kebaktian bersama pada awalnya sebulan sekali,karena dirasakan kurang dan terlalu lama maka kemudian ditingkatkan menjadi sebulan 2 kali,yaitu setiap Hari Sabtu ( sabtu kedua ) dan Hari Minggu ( minggu keempat ) secara rutin setiap bulan.

Semenjak itu jumlah umat terus bertambah,melalui informasi teman ke teman, media majalah dan email. Para anggauta dan simpatisan semakin meluas tidak hanya di Los Angeles,meluas sampai ke San Diego,Atlanta, Alabama, North Carolina,Texas dan State lainnya di USA, bahkan anggauta dan simpatisan sampai yang berada di Indonesia dan negara lainnya turut bergabung.

Selain kegiatan kebaktian rutin, telah diadakan pula untuk pertama kalinya oleh umat Buddha Indonesia di Amerika peringatan hari-hari suci Agama Buddha, yaitu Hari Suci Waisak pada tanggal 5 Mei 2001, Hari suci Asadha pada tanggal 7 Juli 2001 dan hari suci Kathina pada tanggal 14 Oktober 2001.

Pada  14 Juni 2001, kita mendapat kunjungan YM. Bhante Sukhemo dari Vihara Dhammacakka Jaya, Sunter, Jakarta – Indonesia.

Pada saat itu Bhante Sombat berada di Los Angeles sedang mengikuti pertemuan tahunan Sangha Theravada Dhammayut se Amerika di Wat Padhammachart, La Puente.

Waktu itu perkumpulan kita sudah mempunyai nama Kalyana Metta,tetapi karena merasa masih kurang mantap,maka kita mengajukan dan memohon nama baru kepada Bhante Sombat,dengan mempersembahkan 5 pasang jubah kepada,5 orang Bhikkhu yaitu YM Bhante Sombat,YM Bhante Swirayan,YM Bhante Dhammapravedi,YM Bhante Sukhemo dan YM Bhante Phui.

Setelah kembali ke North Carolina,di Bulan Juli YM. Bhante Sombat berkenan memberikan nama baru bagi komunitas kita yaitu DhammaCakraTra yang artinya “Pondasi Perputaran Roda Dhamma”.

Waktu terus berjalan dan tanpa terasa kami baru saja memperingati 12 tahun berdirinya komunitas DhammaCakraTra.

Seringkali pada saat acara kebaktian rutin maupun kegiatan-kegiatan perayaan hari besar Buddhist yang kita selenggarakan, hadir umat baru yang kita tidak saling mengenal sebelumnya baik di Indonesia maupun di Amerika,pertemuan ini bukanlah merupakan sesuatu hal yang kebetulan, namun dikarenakan oleh usaha & buah  karma baik bersamalah yang memungkinkan pertemuan ini terjadi..

Beberapa kegiatan terus diadakan selama ini, mulai dari kebaktian bersama,  belajar membaca Paritta dan Dhammapada yang  baik dan benar,Dhamma Class dimulai pada Jan 2002,kemudian diskusi Dhamma sebulan sekali di rumah umat.

Diadakan pula sekolah minggu bagi anak-anak,lalu kegiatan remaja,seperti olah raga,hiking ,pengecekan tensi darah & fundraising.serta kegiatan sosial lainnya, demi meningkatkan tali persaudaraan sesama umat.  

Pada kebaktian rutin maupun pada peringatan hari besar Buddhist, para Bhante dari Indonesia maupun USA dan pembicara keagamaan telah diundang demi meningkatkan pengetahuan umat, baik dalam bentuk ceramah maupun diskusi Dhamma.

Seperti pada umumnya organisasi lain, DhammaCakraTra adalah organisasi nirlaba dengan kegiatan keagamaan yang bersifat sosial, semua yang bekerja & membantu adalah para sukarelawan dari berbagai aliran yang tidak mengharapkan balas jasa.

Tujuan pokok organisasi DhammaCakraTra  adalah memelihara dan menyebar-luaskan ajaran Buddha,untuk dapat menjadi suri tauladan kepada masyarakat dan simpatisan,juga untuk  belajar dan mempraktekkan Dhamma,serta menyediakan sarana ibadah atau vihara, untuk melaksanakan kebaktian dan meditasi.

Dengan bersatu padu dan kerja sama seluruh anggauta,umat dan simpatisan  yang dipenuhi dengan kesadaran dan dedikasi yg tinggi,demi tujuan bersama agar bisa maju terus didalam Dhamma sehingga tercapainya Nibbana.

Los Angeles

Mettacittena

www.dhammackratra.org

0